Macam-Macam Kabel Optik Yang Tersedia Di Pasaran

Macam-Macam Kabel Optik Yang Tersedia Di Pasaran

Konsumen harus memahami bahwa kabel optik terdiri dari beberapa jenis. Keragaman ini memaksa mereka untuk memilih jenis yang sesuai tergantung pada aplikasinya. Suatu jenis kabel mungkin lebih cocok daripada yang lain dalam situasi tertentu. Meskipun demikian, serat optik digunakan untuk mentransfer data ke berbagai perangkat. Lebih penting lagi, mereka digunakan untuk mengirimkan data melintasi benua dan lautan. Serat optik telah menjadi sangat penting dalam sistem komunikasi saat ini.

Ada jual kabel nyy mode tunggal dan multi mode, keduanya pada dasarnya melakukan tugas yang agak mirip. Nama-nama itu langsung membedakan keduanya.

  • Sebuah kabel single mode hanya memancarkan satu sinar atau satu warna cahaya. Kabel jenis ini mengirimkan data melalui berkas cahaya tunggal ini. Gangguan dihindari karena hanya ada satu sinar cahaya. Ini berarti bahwa kabel mode tunggal dapat mengirim data jarak jauh. Kabel optik mode tunggal lebih populer di pasaran. Mereka datang dalam berbagai panjang, dan mereka lebih mudah beradaptasi, mampu melakukan tugas yang lebih luas.
  • Sebuah kabel multi mode memancarkan beberapa berkas cahaya secara bersamaan, dengan masing-masing berkas dikirim pada sudut yang berbeda sehingga interferensi antar berkas tidak dapat terjadi. Sifat transmisi pancaran ini sensitif. Karena sensitivitas dari mekanisme multiple beam, kabel multi mode biasanya hanya digunakan untuk transmisi data jarak pendek untuk menghindari gangguan. Kedua kabel memiliki desain yang hampir sama.

Ada jenis kabel serat optik lainnya. Konstruksi kabel inilah yang membuatnya berbeda. Terlepas dari jenis kabel optiknya, fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan data. Semua kabel serat optik pada dasarnya sama dalam hal komponen dan fungsi penting. Namun, penting untuk diperhatikan perbedaannya, karena satu kabel mungkin lebih sesuai dari yang lain pada suatu kesempatan.

Selain kabel single mode dan multi mode, ada juga kabel loose tube. Seperti namanya, ini tidak memiliki isolasi. Serat optiknya telanjang atau hanya ditutupi tipis. Mereka mungkin hanya diisolasi terhadap air atau bahan kimia dengan gel isolasi khusus. Kabel tabung longgar digunakan untuk sistem transmisi luar ruangan atau bawah tanah.

Kabel Tightpack terdiri dari sekelompok besar kabel serat optik yang disortir menjadi beberapa set. Ini tercakup dalam isolasi kabel biasa, tetapi setiap set serat tidak memiliki perlindungan. Unit terminasi khusus diperlukan untuk setiap set serat untuk menghentikan koneksi. Jenis kabel ini hanya cocok untuk keperluan transmisi jarak pendek.

Versi sederhana dari kabel tightpack adalah kabel simpleks, yang menggunakan satu atau dua serat optik besar. Hal ini memungkinkan pengoperasian yang sederhana dan penggunaan energi yang lebih rendah. Kabel simpleks luar dan tugas berat dilapisi dengan insulasi tahan pakai.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai