Semua Tentang Sablon

Hari-hari sebelumnya melihat sutra digunakan sebagai layar, maka istilah “layar sutra” muncul. Dunia grafis sering menyebut layar sutra sebagai Serigrafi. Kemudian mesh polimer digunakan. Teknologi dan peralatan percetakan berkembang pesat sehingga berbagai manifestasinya telah menandai dirinya dalam dunia percetakan baik itu pada kain, grafik atau hal lainnya.

Peralatan yang digunakan untuk sablon

Langkah pertama dan terpenting adalah memilih layar tertentu dan kemudian memasangnya dengan kuat pada bingkai aluminium atau kayu. Sebuah stensil kemudian diukir di layar dengan membuat ruang diblokir untuk mencapai desain yang diinginkan. Kualitas tinta yang akan digunakan harus dipertimbangkan tergantung pada desain yang akan dicetak dan juga bahan yang akan dicetak pada desain tersebut. Pergerakan mesh dikendalikan oleh squeegee pisau karet yang dipasang erat dengan pegangan yang kaku. Bagian dasar mesin menahan bahan dan membantu layar untuk mencetak desain pada bahan.

Aplikasi sablon

Bahan di mana pencetakan harus dilakukan dapat terdiri dari berbagai hal seperti sutra, kain, katun, T-shirt, poliester, sampul CD, iklan, poster, jam tangan, produk medis, elektronik cetak, grafik snowboard, teknologi film dan masih banyak lagi, belum lagi industri olahraga dan industri pemasaran juga. Aplikasi sablon meluas dengan penggunaan tinta berkualitas.

Teknik

Layar atau jaring halus dengan kuat memegang bingkai dan stensil diukir dari desain yang diinginkan. Layar kemudian ditempatkan di atas zat atau bahan yang diinginkan. Menggunakan fill bar tinta diisi ke dalam bukaan stensil. Stensil tidak diperbolehkan untuk kontak langsung dengan bahan atau layar akan dihindari. Menggunakan kekuatan ringan layar dipindahkan ke bawah dan pengisian tinta dilakukan secara efektif. Squeegee mengontrol gerakan ini dan aksi kapiler mengontrol pengisian tinta. Squeegee kemudian bergerak ke atas layar lagi dan meninggalkan bekas tinta yang diinginkan dari desain pada bahan atau bahan.

Sablon DTF satuan menggunakan tiga jenis pers yaitu silinder, flat-bed dan Rotary dimana rotary adalah pers yang banyak digunakan. Jika desain yang sama akan dicetak lagi maka layar dapat digunakan kembali. Layar dapat diperbarui jika desain baru akan dicetak. Layar dapat diperbarui dengan menghilangkan tinta, stensil dan emulsi menggunakan penghilang stensil yang tersedia dalam bentuk gel, bubuk dan cairan. Penerapan teknik foto emulsi untuk melakukan stensil telah populer selama lebih dari 50 tahun sekarang.

Desain yang berbeda menggunakan berbagai jenis tinta untuk mencetak untuk menghasilkan efek khusus pada bahan yang digunakan dan sesuai dengan permintaan di pasar. Tinta yang banyak digunakan adalah “Plastisol” yang tahan lama dan juga memberikan tekstur plastis.

Meningkatkan kualitas Sablon

Produk pembersih tangan yang lembut yang membuat penyesuaian pada pigmentasi tinta dapat digunakan untuk mengubah kualitas tinta. Sifat produk yang creamy memudahkan untuk meningkatkan kualitas sablon. Kualitas perekat disesuaikan dengan peredam yang dapat disembuhkan yang membantu memberikan cetakan yang lebih baik.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai